Kualitas Air Baku Sungai Cisadane Berkatogeri Tercemar Berat, Untuk Memprosesnya menjadi Air Bersih Dibutuhkan Biaya Besar.

Air permukaan sungai Cisadane adalah sesuatu yang Vital dan menjadi penting karena suplai air bersih untuk wilayah Kecamatan Serpong dan Serpong Utara tergantung dari ketersediaan air baku di Sungai Cisadane tersebut.  Seperti sudah diketahui bahwa  air Sungai Cisadane di wilayah Kota Tangerang Selatan merupakan sumber air baku beberapa perusahaan pengolah air bersih di wilayah Kota Tangerang Selatan.

DAS Cisadane terletak di badian timur Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang. Hulu Sungai Cisadane berasal dari lereng sebelah utara Gunung Kendeng, Gunung Perbakti, dan Gunung Salak, mengalir ke utara melalui pegunungan di wilayah Jawa Barat melewati Kota Bogor, Kota Tangerang, dan bermuara di Laut Jawa. Panjang sungai sekitar 140 km dengan luas DAS 1411 km2. Anak sungai utama adalah Sungai Cihapus, Cikideung, Cinangneng, Cihampea, Ciaruteun, Cianteun, dan Cikaniki di bagian hulu dekat Parung Badak.

Sebagai air baku sesungguhnya sungai Cisadane termasuk dalam kategori sungai yang sudah tercemar, sehingga untuk pengolahan menjadi air bersih dibutuhkan biaya yang besar yang salah satunya dibebankan pada konsumen, setelah melalui treatment tertentu air baku yang tercemar ini menjadi air bersih yang layak untuk dipergunakan.

Namun untuk mengetahui sejauh manakah tingkat pencemaran sungai cisadane sehingga kita dapat menjaga keberlangsungai air tersebut, maka Berdasarkan data sekunder (Diolah dari beberapa sumber) dari delapan titik pantau yaitu lokasi pantau dekat titik Intake PDAM, Cisadane Cihuni, Cisadane Jbt Gading Serpong, Cisadane Jbt Cikokol, Cisadane Jbt Robinson, Cisadane Bd Pasar Baru, Cisadane Bayur, dan Cisadane Jbt Kali Baru. Perhitungan status mutu air untuk Sungai Cisadane didasarkan pada hasil analisa air sungai dalam 5 (lima) tahun terakhir, yaitu mulai tahun 2004 hingga 2008, dengan menggunakan metoda Storet dan Indeks-Pencemaran (IP).

Berdasarkan perhitungan metode Storet, dapat disimpulkan bahwa tingkat pencemaran air Sungai Cisadane cenderung untuk meningkat dari tahun ke tahun di setiap titik pantau dan kondisi terburuk dicapai pada tahun 2008. Untuk melihat kecenderungan status pencemaran dari hulu ke hilir dapat dilihat pada tabel berikut.

Dari tabel di atas, semua titik pantau DAS Cisadane dari hulu ke hilir berstatus cemar berat dan tidak termasuk dalam kelas manapun. Parameter utama berdasarkan baku mutu kelas III yang menyebabkan pencemaran di DAS Cisadane disajikan pada gambar berikut

menunjukkan bahwa gangguan pada kualitas air Sungai Cisadane disebabkan terutama oleh pencemaran limbah domestik dan industri, pertanian, fluktuasi  aliran sungai, erosi, dan sedimentasi. Parameter pencemar yang selalu muncul di tiap titik pantau dari hulu ke hilir adalah E coli, total coli, nitrit, dan oksigen terlarut. Parameter pencemar COD hampir terdapat di setiap titik pantau kecuali di Cisadane Cihuni dan Cisadane Jbt Gasing Serpong. Parameter pencemar total seng hanya terdapat di titik pantau Cisadane Jbt Gading Serpong dan parameter BOD hanya terdapat di Cisadane Jbt Cikokol. Parameter pencemar pH terdapat di empat titik pantau yaitu Cisadane Cihuni, Cisadane Jbt Gading Serpong, Cisadane Jbt Robinson, dan Cisadane Bd Pasar Baru.

Berdasarkan uraian tersebut, maka sudah saatnyalah kita memiliki kepedulian akan keberlangsungan ketersediaan air yang sehat di sungai cisadane dengan turut serta menjaga lingkungan di sungai Cisadane tersebut. Karena dengan air baku yang tercemar para pengusaha air bersih membutuhkan biaya yg besar untuk merubahnya menjadi air bersih, hal ini tentunya dibebankan pada konsumen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: