Menghitung Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor

Tahukah anda bahwa setiap kita membeli BBM di SPBU kita telah ikut membayar Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), nilai yang kita bayarkan adalah 5 % dari nilai jual BBM setelah dipotong PPN.

Jadi jika harga premium per liter Rp. 4.500 maka perhitungan nilai pajaknya adalah :

Rp. 4.500 x 5/115 = Rp. 195.652 per liter

Jadi jika kita membeli 10 liter, maka PBBKB nya adalah Rp. 1956.52,

Tentunya anda akan bertanya bagaimanakah proses pembayaran pajak yang anda bayarkan tersebut :

  1. Proses pertamakali adalah Penetapan Penyedia BBM (contoh Pertamina, Shell Indonesia, Petronas Indonesia dan Total Indonesia ditetapkan sebagai Wajib Pungut (Wapu) oleh Pemerintah Provinsi Banten
  2. Selanjutnya pihak penjual (SPBU) melakukan Delivery order (DO)  ke penyedia bahan bakar dan diwajibkan membeli seharga harga pasaran yang telah ditetapkan, misalkan Premium per liter adalah Rp.4.500. Dalam hal ini pihak penyedia bahan bakar wajib memungut PPN dan PBBKB serta memberikan nilai keuntungan untuk pembeli (SPBU).
  3. Nilai PBBKB yang telah dipungut selanjutnya dilaporkan dalam bentuk Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) ke DPKAD Provinsi Banten dan disetorkan langsung setiap tanggal 25 bulan berikutnya ke Kas Daerah Provinsi Banten.
  4. Nilai PBBKB yang masuk ke Kas daerah Provinsi Banten adalah bagian dari PAD Provinsi Banten untuk pembangunan daerah.

Peranan Kantor kami sebagai Unit Pelaksana Teknis di Serpong adalah mendata jumlah DO SPBU di wilayah kerja DPKAD Provinsi Banten UPT Serpong yang meliputi 20 SPBU dari 4 Penyedia Bahan Bakar (Pertamina, Petronas, Total dan Shell) di Kecamatan Serpong, Serpong Utara dan Setu Kota Tangerang Selatan.

Bentuk pendataannya adalah pencatattan DO melalui lembar Laporan SPTPD setiap bulannya,  Hal ini untuk mendukung akuntabilitas pelaporan data dengan cara hasil pendataan kami sebagai bahan Rekon data antara dilapangan dengan data yang dilaporkan oleh penyedia BBM (Wajib pungut), sehingga tingkat kebocoran pemungutan Pajak daerah dapat diminimalkan dan bahkan dihapuskan.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: